Penyebab Sirosis Hepatis

Sirosis berada diantara 10 penyebab utama dari meningkatnya angka kematian di dunia. Sirosis yang didahului oleh adanya penyakit yang diakibatkan oleh virus hepatitis yang kemudian semakin lama, semakin memperburuk keadaan fungsi organ hati/liver kemudian mengalami sirosis atau pembengakakan dan pengerasan hati.


Ada 3 ciri dalam dunia medis yang mngakibatkan sirosis, diantaranya adalah :

1. Adanya fibrosis yang menjembatani sekat-sekat intrahepatik (septum) dalam bentuk pita-pita yang halus atau jaringan parut yang lebar.

2. Nodul yang timbul karena regenerasi hepatosit yang dikelilingi oleh fibrosis.

3. Disrupsi arsitektur dari parenkim hai/liver.

Fibrosis disertai oleh reorganisasi vaskular dengan hubungan timbal balik abnormal antara aliran darah vaskular yang masuk dan yang keluar, yaitu : pintasan arteri-vena portal (arterioportal venus shunt), pintasan arteri-vena hepatika (arteriohepatik venous shunt). Akibatnya, hati dapat mengalami kekurangan perfusi darah yang serius. Meskipun sebelumnya dianggap bahwa septa fibrosa yang menjembatani itu bersifat ireversibel, tetapi intensitas fibrosis hepatik dapat berkurang jika gejala yang menyebabkan sirosis dihentikan.

Sirosis hepatis umumnya diklasifikasi menurut penyebabnya dengan syarat bahwa setelah sirosis terjadi, etiologinya mungkin tidak bisa ditetapkan.

Berikut penyebab utama dari sirosis berdasarkan banyaknya kasus penyebab sirosis, sebagai berikut :

– Penyakit hati alkoholik, mereka yang banyak menghabiskan kebiasaan buruknya dengan minuman alkohol tinggi dan terjadi dari banyaknya kasus penyebab sirosis hingga 60-70 %.

– Disebabkan oleh adanya virus hepatitis awal, kasus kematian seseorang yang disebabkan oleh virus hepatitis yang beranjak pada sirosis hepatis mencapai hingga 10 % angka kejadian dari penyebab sirosis hepatis.

– Hemokromatosis primer terjadi lebih kecil hanya 5 % angka kematian dari penyebab sirosis hepatis.

– Penyakit bilier, penyebab dari timbulnya sirosis hepatis yang diketahui hanya 5-10 % kasus.

– Sirosis kriptogenik terjadi hingga 10-15 %. Banyaknya kasus sirosis kriptogenik mungkin terjadi sebagi akibat dari penyakit perlemakan hati (fatty liver) non alkoholik atau hepatitis autoimun.


=====================================

>>> Obat Sirosis Hati Untuk Membantu Mengobati Komplikasi Penyakit Sirosis Hati, dan Menyembuhkan Sirosis Hati, Menjaga Kesehatan Fungsi Sirosis Hati, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sirosis Hepatis and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.